Selasa, 21 Desember 2010

perpustakaan

Yanuar Alvin A
13040110060033


PERPUSTAKAAN
Pengertian Perpustakaan
Menurut Sulistyo Basuki (1994: 1), dalam bahasa Inggris perpustakaan disebut library, dalam bahasa Belanda disebut bibliotheek, dalam bahasa Perancis bibliotheque, dalam bahasa Spanyol dan Portugis bibliotheca. Akar kata librabry adalah liber (bahasa Latin) artinya buku, sedangkan akar kata bibliotheek adalah biblos yang artinya buku (Yunani). Dengan demikian, istilah perpustakaan selalu dikaitkan dengan buku  kitab. Definisi perpustakaan yang muncul dari konsep keterkaitan perpustakaan dengan buku mengatakan bahwa  perpustakaan adalah  sebuah ruangan, bagian atau subbagian dari sebuah gedung atau gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku,biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu serta digunakan untuk anggota perpustakaan.
Menurut UU RI Nomor 43 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 1, bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya tetap, dan / atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.
Jenis – Jenis Perpustakaan
Menurut Sulistyo Basuki (1991: 41), setiap perpustakaan memiliki sejarah yang berbeda – beda. Selain itu, setiap perpustakaan mempunyai tujuan, anggota, organisasi, dan kegiatan yang berbeda juga. Karena perbedaan itu maka timbulah berbagai jenis perpustakaan. Adapun faktor yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan sebagai berikut.
1.      Tanggapan terhadap berbagai jenis pustaka;
2.      Tanggapan terhadap keperluan informasi berbagai kelompok pembaca;
3.      Tanggapan yang berlainan terhadap specialisasi subjek, termasuk ruang lingkup subjek yang bersangkutan.
Karena tanggapan  yang berbeda terhadap berbagai faktor maka tumbuhlah berbagai  jenis perpustakaan. Adapun jenis perpustakaan yang ada dewasa ini adalah sebagai berikut.
1.      Perpustakaan Internasional
2.      Perpustakaan nasional
3.      Perpustakaan umum dan perpustakaan keliling
4.      Perpustakaan swasta (pribadi)
5.      Perpustakaan khusus
6.      Perpustakaan sekolah
7.      Perpustakaan perguruan tinggi (Sulistyo Basuki, 1991: 42).
Di samping itu tumbuhlah sejenis bagan yang juga begerak dalam bidang informasi yaitu.
1.      Dokumentasi
2.      Arsip (Sulistyo Basuki, 1991: 42).






Sulistyo-Basuki. 1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar